Cerita Reflektif Modul 3 Topik 1 Keragaman Peserta Didik

Hai bapak/ibu sobat pengajar semuanya, semoga semua dalam keadaan sehat selalu. Kali ini pengajarpedia akan membagikan contoh cerita reflektif yang bisa bapak/ibu Tiru dan Modifikasi untuk keperluan pemenuhan tugas PPG Guru Tertentu 2024. Cerita Reflektif ini tentang Modul 3 Topik 1 tentang Keragaman Peserta Didik. Silakan disimak.

Cerita Reflektif Modul 3 Topik 1 Keragaman Peserta Didik -www.pengajarpedia.com
Cerita Reflektif Modul 3 Topik 1 Keragaman Peserta Didik

Sekolah Anda baru pertama kali menerima peserta didik disabilitas sensorik netra dan disabilitas sensorik rungu, Peserta didik tersebut ternyata menjadi salah satu anak didik yang Bapak/Ibu belajarkan dan ini kali pertama Bapak/Ibu memiliki peserta didik disabilitas. Apa yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk mengenalkan keragaman ini pada peserta didik pada umumnya dan pada orang tua peserta didik di kelas yang Anda ajar?

Contoh 1 :

Yang akan saya lakukan untuk mengenalkan keragaman ini kepada peserta didik dan orangtua adalah saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu disabilitas sensorik netra dan apa itu disabilitas sensorik rungu. disitu saya akan menyampaikan bahwa ada anak didik yang berkebutuhan istimewa dalam hal kurang baik/mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran. walaupun dalam keterbatasan fisik yang dialami oleh anak didik tersebut, bukan berarti tidak boleh mendapatkan hak dalam belajar. setiap anak yang sehat maupun anak disabilitas harus mendapatkan hak yang sama dalam belajar di sekolah. dan saya akan mengenalkan keragaman cara belajar peserta didik kepada orangtua, serta membantu memfasilitasi peserta didik yang disabilitas. karena setiap kekurangan pasti ada kelebihan yang bisa digunakan dengan baik, selagi itu diasah dan dibimbing dengan baik.

Contoh 2 :

Yang saya lakukan untuk mengenalkan jika ada peserta didik baru disabilitas pada orang tua peserta didik yang saya ajar adalah memberi pengetahuan awal tentang keragaman peserta didik. Adapun langkah-langkah/tindakan yang akan saya lakukan untuk mengenalkan keragaman ini pada peserta didik pada umumnya dan pada orang tua peserta didik di kelas yang saya ajar adalah sebagai berikut:
Langkah 1: Memahami Kebutuhan Spesifik
Identifikasi kebutuhan pendidikan dan sosial khusus untuk peserta
didik disabilitas sensorik netra dan rungu
Langkah 2: Konsultasi dengan Ahli
Konsultasikan dengan tenaga ahli, seperti guru khusus atau psikolog pendidikan, untuk memahami strategi pengajaran yang efektif.
Langkah 3: Penyesuaian Materi dan Metode Mengajar
Sesuaikan materi pembelajaran dan metode mengajar untuk
mengakomodasi kebutuhan peserta didik disabilitas, misalnya dengan menggunakan braille atau metode komunikasi alternatif.
Langkah 4: Edukasi untuk Peserta Didik Lain
Lakukan sesi edukasi untuk peserta didik lain tentang disabilitas
sensorik netra dan rungu, membangun pemahaman dan empati.
Langkah 5: Komunikasi dengan Orang Tua
Komunikasikan dengan orang tua peserta didik tentang penyesuaian yang dilakukan dan manfaatnya bagi semua anak didik.
Langkah 6: Membangun Lingkungan Inklusif
Buat lingkungan kelas yang inklusif dan mendukung, dengan
mempromosikan partisipasi aktif semua peserta didik.

Berikut merupakan contoh cerita reflektif Modul 3 Topik 1 tentang Keragaman Peserta Didik. Untuk jawaban lainnya bisa kalian cari hanya di pengajarpedia yaa.. terimakasih

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram