Cerita Reflektif Modul 2 Topik 2 PSE Apa dan Bagaimana Menerapkannya

Hai bapak/ibu sobat pengajar semuanya, semoga semua dalam keadaan sehat selalu. Kali ini pengajarpedia akan membagikan contoh cerita reflektif yang bisa bapak/ibu Tiru dan Modifikasi untuk keperluan pemenuhan tugas PPG Guru Tertentu 2024. Cerita Reflektif ini tentang Modul 2 Topik 2 tentang Pembelajaran Sosial Emosional, Apa dan Bagaimana Menerapkannya? Silakan disimak.

Cerita Reflektif Modul 2 Topik 2 PSE Apa dan Bagaimana Menerapkannya - www.pengajarpedia.com
Cerita Reflektif Modul 2 Topik 2 PSE Apa dan Bagaimana Menerapkannya

Sekarang, kami ingin Bapak/Ibu menceritakan pengalaman saat berlatih salah satu keterampilan sosial emosional. Apa yang Bapak/Ibu rasakan saat melakukan latihan tersebut? Pikirkan, strategi dalam mengimplementasi PSE ke dalam pembelajaran di kelas. Seperti apakah praktek pembukaan pembelajaran yang hangat, kegiatan belajar yang menantang dan berpusat kepada peserta didik, dan penutupan yang optimistik terlihat?

Contoh 1 :

Pengalaman yang saya rasakan saat berlatih keterampilan sosial emosional adalah saya sebagai seorang guru mempunyai perasaan yang lebih mendalam ketika berinteraksi, mendengarkan cerita, serta memiliki empati dan simpati kepada orang lain secara dekat (Emosional)

Adapun strategi dalam mengimplementasikan pembelajaran sosial emosional kedalam pembelajaran dikelas, antara lain: 
  1. Pembukaan pembelajaran yang hangat yaitu dengan menciptakan suasana yang ramah dan menyenangkan misalnya memperkenalkan materi melalui video yang relevan dengan materi pembelajaran
  2. Kegiatan belajar yang menantang dan berpusat kepada peserta didik yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang efektif seperti mengajak peserta didik untuk untuk membahas dan menyelesaikan kasus study
  3. Penutupan yang optimis yaitu dengan mengakhiri pelajaran dengan refleksi positif seperti meminta peserta didik untuk berbagi dengan cara menulis satu hal yang sudah mereka pelajari.
Contoh 2 : 

1. Saat melatih keterampilan sosial emosional, pikirkan pengalaman pribadi seperti: Bagaimana perasaan anda ketika berinteraksi, mendengarkan, dan berempati dengan orang lain.
2. Mengidentifikasi strategi untuk mempraktikkan PSE (pengembangan sosial emosional) dalam pembelajaran.
Contoh:
  • Pembukaan pembelajaran yang hangat: Ciptakan suasana bersahabat dan menyenangkan dengan menyapa siswa secara hangat dan menceritakan kisah-kisah positif.
  • Kegiatan pembelajaran yang menantang: Gunakan metode pembelajaran aktif yang mendorong kolaborasi siswa, seperti diskusi kelompok dan proyek kolaboratif.
  • Kesimpulan Optimis: Akhiri pelajaran dengan refleksi positif. Dengan meminta siswa membagikan apa yang telah mereka pelajari dan apa yang mereka syukuri.
3. Rangkuman pengalaman dan identifikasi strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial emosional siswa.

Berikut merupakan contoh cerita reflektif Modul 2 Topik 2 tentang Pembelajaran Sosial Emosional, Apa dan Bagaimana Menerapkannya?. Untuk jawaban lainnya bisa kalian cari hanya di pengajarpedia yaa.. terimakasih

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram