Cerita Reflektif Modul 2 Topik 1 Pembelajaran Sosial Emosional

Hai bapak/ibu sobat pengajar semuanya, semoga semua dalam keadaan sehat selalu. Kali ini pengajarpedia akan membagikan contoh cerita reflektif yang bisa bapak/ibu Tiru dan Modifikasi untuk keperluan pemenuhan tugas PPG Guru Tertentu 2024. Cerita Reflektif ini tentang Modul 2 Topik 1 tentang Pembelajaran Sosial Emosional, Mengapa Penting?. Silakan disimak.

Cerita Reflektif Modul 2 Topik 1 Pembelajaran Sosial Emosional - www.pengajarpedia.com
Cerita Reflektif Modul 2 Topik 1 Pembelajaran Sosial Emosional

Pikirkan tentang materi, pengalaman atau momen menarik dalam proses mempelajari topik 1 yang baru saja Bapak/Ibu pelajari. Renungkan konsep-konsep kunci, wawasan, atau keterampilan yang Anda peroleh selama belajar topik tersebut. Ceritakan bagaimana pembelajaran ini mempengaruhi perspektif atau pemahaman Anda!

Contoh 1 :

Dalam pengembangan (PSE) Pembelajaran sosial emosional tentu di butuhkan kolaborasi yang oleh pada warga sekolah, karena membuat kesepkatan dalam mengembangkan PSEmembutuhkan kebersamaan dan komitmen. PSE merupakan dadar dalam menerapkan pendidikan karakter bagi anak usia dini. pembelajaran sosial emosional pada anak akan melahirkan kemampuan adaptif secara kognitif maupun sosial. Dalam pengembangan PSE tentu dihubungkan dengan profil pelajar pancasila yang mana penguatan karakter inilah di peroleh melalui PSE. 

Ada beberapa kompetensi PSE:

  1. kesadaran diri
  2. manajemen diri
  3. kesadaran sosial
  4. kemampuan berelasi
  5. pembuatan keputusan yang bertanggung jawab
Pentingnya PSE dalam pendidikan adalah meningkatkan kesejahteraan mental siswa dengan memahami kompetensi PSE diharapkan siswa dapat mengelola emosi dengan baik siswa akan tahan terhadap stress serta membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Strategi dalam menerapkan PSE dapat melalui :
  1. pengembangn kurikulum yang dipadukan dengan mata pelajaran 
  2. pelatihan guru untuk memahami lebih dalam PSE
  3. Mengajak siswa untuk untuk belajar praktik berbasis kasus 
Pembelajaran sosial emosional adalah bagian dari pendidikan yang menyeluruh dengan melibatkan siswa, pendidik, orangtua dan juga seluruh warga sekolah, karena keberhasilan dalam pendidikan tidak hanya dilihat dari ketercapainnya pembelajaran akademik, namun juga ketrampilan dalam pengembangan PSE.

Contoh 2 :

Dalam mempelajari topik 1 tentang Pembelajaran Sosial Emosional saya memperoleh banyak wawasan penting mengenai pentingnya pengelolaan emosi dan kesadaran sosial dalam perkembangan anak. Salah satu konsep kunci yang saya pelajari adalah kemampuan mengelola emosi dan memiliki rasa positif terhadap diri sendiri. Ini sangat penting karena kematangan sosial emosional anak ditandai oleh pengenalan dan dimilikinya perilaku positif terhadap diri.
Ada 5 kunci utama dalam pengembangan pembelajaran sosial emosional: 
  1. Kesadaran Diri (Self Awareness), 
  2. Manajemen Diri (Self- Management), 
  3. Kesadaran Sosial (Social Awareness), 
  4. Kemampuan Menjalin Hubungan (Relation Skill), 
  5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible Decision Making)
Pembelajaran ini juga mempengaruhi perspektif saya sebagai guru. Saya menjadi lebih sadar akan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial emosional murid. Saya berusaha untuk lebih memberikan apresiasi dan pendampingan individu serta memastikan bahwa setiap murid merasa dihargai dan didengar.

Berikut merupakan contoh cerita reflektif Modul 1 Topik 2 tentang Pembelajaran Sosial Emosional, Mengapa Penting?. Untuk jawaban lainnya bisa kalian cari hanya di pengajarpedia yaa.. terimakasih

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram