Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2 Pembelajaran Berdiferensiasi

Hai bapak/ibu sobat pengajar semuanya, semoga semua dalam keadaan sehat selalu. Kali ini pengajarpedia akan membagikan contoh cerita reflektif yang bisa bapak/ibu Tiru dan Modifikasi untuk keperluan pemenuhan tugas PPG Guru Tertentu 2024. Cerita Reflektif ini tentang Modul 1 Topik 2 tentang Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi. Silakan disimak.

Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2 Pembelajaran Berdiferensiasi - www.pengajarpedia.com
Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2 Pembelajaran Berdiferensiasi

Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif. Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran?

Contoh 1 :

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas melibatkan beberapa langkah penting. Pertama, dengan melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid dilakukan berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar melalui observasi dan interaksi. Kemudian yang kedua, hasil dari pemetaan tersebut digunakan sebagai dasar untuk merancang pembelajaran yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan setiap murid, termasuk memberikan variasi dalam konten, proses, dan produk pembelajaran. Selain itu juga perlu diperhatikan bahwa lingkungan belajar yang inklusif juga diciptakan untuk mendukung murid dengan kebutuhan khusus. Dan yang berikutnya adalah evaluasi dan refleksi dilakukan secara berkala, hal ini dilakukan guna memastikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi tersebut berjalan efektif. Penyesuaian dilakukan jika diperlukan agar pembelajaran tetap relevan dan memaksimalkan potensi setiap murid. Murid menjadi lebih aktif, termotivasi, dan mampu mengembangkan potensi mereka sesuai dengan bakat dan minat masing- masing.

Contoh 2 :

Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu: Melakukan pendekatan pembelajaran sebagai cara memahami peserta didik yang unik dan memiliki kebutuhan belajar yang berbeda-beda.

Beberapa langkah dalam merencanakan pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut:

  1. Guru perlu mengenali pengetahuan awal, minat serta kebutuhan peserta didik karena setiap peserta didik berbeda dalam hal pengetahuan, keterampilan serta ketertarikan dalam belajar.
  2. Guru Melakukan penyelarasan / penyesuaian kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mata pelajaran yang diajarkan contohnya menyediakan audio visual serta video untuk mendukung pemahaman peserta didik.
  3. Sebagai seorang guru kita memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi seperti laporan tertulis, power point video poster maupun bentuk lainnya sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dikelas dapat dilakukan dengan beberapa upaya, seperti: Melakukan pemetaan kebutuhan belajar siswa berdasarkan 3 aspek:

  1. Kesiapan belajar siswa, minat belajar siswa dan profil pelajar siswa. 
  2. Merencanakan pembelajaran siswa secara Berdiferensiasi berdasarkan hasil pemataan
  3. Mengevaluasi dan refleksi pembelajaran oleh siswa yang sudah berjalan langsung

Berikut merupakan contoh cerita reflektif Modul 1 Topik 2 tentang Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi. Untuk jawaban lainnya bisa kalian cari hanya di pengajarpedia yaa.. terimakasih

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram