Cerita Reflektif Modul 1 Topik 1UbD

Hai bapak/ibu sobat pengajar semuanya, semoga semua dalam keadaan sehat selalu. Kali ini pengajarpedia akan membagikan contoh cerita reflektif yang bisa bapak/ibu Tiru dan Modifikasi untuk keperluan pemenuhan tugas PPG Guru Tertentu 2024. Cerita Reflektif ini tentang Modul 1 Topik 1 tentang Menerapkan Prinsip Understanding by Design pada Pembelajaran. Silakan disimak.

Cerita Reflektif Modul 1 Topik 1UbD - www.pengajarpedia.com
Cerita Reflektif Modul 1 Topik 1UbD

Bapak/Ibu Guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik II, refleksikan apa yang sudah Bapak/Ibu Guru pelajari pada topik I. Ceritakan bagaimana prinsip UbD dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan apa tantangan yang dihadapi?

Contoh 1 :

Prinsip UbD membantu saya dalam merancang pembelajaran yang efektif yaitu di mana saya sebagai guru harus merencanakan pembelajaran, dimulai dari capaian atau tujuan pembelajaran lalu menentukan asesmen pembelajaran, kemudian merancang kegiatan pembelajaran.

Tantangan yang dihadapi dalam prinsip UbD ini yaitu:

  1. Tujuan pembelajaran harus jelas, terukur, dan sesuai kebutuhan peserta didik.
  2. Asesmen pembelajaran sebaiknya mencerminkan pemahaman mendalam, aplikasi pengetahuan, dan pengembangan keterampilan yang relevan.
  3. Kegiatan pembelajaran sebaiknya memberikan informasi, dapat menstimulasi pemikiran kritis, refleksi, dan aplikasi konsep dalam konteks yang relevan.
Contoh 2 :

Menurut saya prinsip UbD dapat membantu dalam merancang pembelajaran yang efektif karena dengan merancang pembelajaran yang terstruktur yang diawali dengan merumuskan tujuan pembelajaran, asesmen dan kegiatan pembelajaran dapat membuat menjadi tepat sasaran yang membuat tercapainya pembelajaran yang bermakna.

Tantangan yang dihadapi dalam prinsip UbD yaitu:
  1. Merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di sekolah seperti apa yang perlu dilakukan, ketahui, dan dipahami di akhir pembelajaran.
  2. Merancang asesmen sebagai seorang guru perlunya membuat penilaian secara mendalam, yang dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan.
  3. Merancang kegiatan pembelajaran dengan mendesain kegiatan pembelajaran peserta didik agar bisa mencapai tujuan pembelajaran.
Berikut merupakan contoh cerita reflektif Modul 1 Topik 1 tentang Menerapkan Prinsip Understanding by Design pada Pembelajaran.

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram